Asal usul nama Glodok dan Senayan

Tahukah anda  asal usul nama Glodok? Ya, Glodok adalah sebuah nama tempat di Jakarta dan sekarang dikenal sebagai pusat perbelanjaan barang elektronik.

Konon pada sekitar tahun 1670, di daerah itu terdapat penampungan air yang dikucurkan melalui pancuran yang cukup tinggi. Air pancuran itu jatuh menggerojok ke tanah. Nah, karena di daerah itu banyak sekali warga keturunan Tionghoa yang tinggal di sana, sementara mereka kesulitan mengucapkan kata grojok untuk mengilustrasikan suara air pancuran tersebut, maka yang terdengar adalah Glodok.

Namun ada versi lain yang mengatakan bahwa Glodok berasal dari bahasa Sunda, yaitu golodok, yang artinya tangga di tepi sungai. Tangga ini sengaja dibuat di tepi sungai sebagai tempat untuk mandi dan mencuci warga sekitar kali Ciliwung di daerah ini. Nah, saking banyaknya golodok di sana, sehingga menjadi ciri khusus daerah tersebut dan orang-orang lebih mudah mengucapkan golodok dengan glodok saja.

Selain itu, anda juga sudah pasti pernah mendengar daerah Senayan. Ya, sebuah nama tempat dimana kita mengenalnya sebagai tempat berdirinya Stadion Utama Senayan, yang sekarang kita sebut sebagai Gelora Bung Karno.

Senayan adalah sebuah tempat yang begitu penting di Ibu kota, selain GBK (Gelora Bung Karno) di daerah ini juga terdapat Gedung DPR/MPR dan TVRI. Tapi tahukah anda bahwa menurut catatan, senayan dulunya bernama Wangsanayan, yang berarti kediaman atau tanah milik seseorang yang bernama Wangsanaya. Konon Wangsanaya ini adalah seorang tentara berpangkat Letnan dan berasal dari daerah Bali yang tinggal di daerah itu sekitar tahun 1680.

Bagaimana? Cukup menambah pengetahuan anda bukan? Jika anda ingin lebih dalam mengetahui asal usul nama tempat di kota Jakarta, anda bisa membacanya di buku tulisan Rachmat Ruchiat terbitan Masup Jakarta dengan judul ‘Asal Usul Nama Tempat di Jakarta’.

Salam Pengetahuan.

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: